Review Anime: Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma

Shokugeki no Souma: Ni no Sara

Alternative Titles

English: Food Wars! Shokugeki no Soma [1], Food Wars! The Second Plate [2]
Synonyms: Shokugeki no Soma, Food Wars: Shokugeki no Soma [1], Shokugeki no Souma 2nd Season, Shokugeki no Soma 2, Food Wars: Shokugeki no Soma 2, Shokugeki no Soma: The Second Plate [2]
Japanese: 食戟のソーマ [1] , 食戟のソーマ 弍ノ皿 [2]

Information

Type: TV
Episodes: 24
Status: Finished Airing
Aired: Apr 4, 2015 to Sep 26, 2015
Premiered: Spring 2015
Studios: J.C.Staff
Source: Manga
Genres: Ecchi, School, Shounen
Duration: 25 min. per ep.
Rating: PG-13 - Teens 13 or older
Score: 8.61

Sinopsis

Impian dari Yukihira Souma adalah menjadi seorang koki fulltime di restoran ayahnya dan melampaui keterampilan memasak ayahnya. Tapi, setelah Souma lulus SMP, ayahnya yaitu Yukihira Jouichirou, menutup restorannya di Eropa. Meskipun dia merasa down setelah itu, Souma tetap menyimpan semangat bertarungnya yang berasal dari tantangan Jouichirou untuk bertahan di sebuah sekolah kuliner elit di mana hanya 10% dari siswanya lulus. Akankah Souma bisa bertahan?

Shokugeki no Souma - Yoooo minna-san, akhirnya selesai juga nih review setelah memakan waktu 3 hari 3 malem ane semedi dibawah pohon cabe untuk membuat review ini anime. Setelah sebelumnya ane udah mereview sebuah anime yang bertemakan isekai yaitu anime Re Zero: kara Hajimeru Isekai Seikatsu, lalu pada postingan ke-12 ini ane akan mereview sebuah anime yang bertemakan memasak. Yap seperti dari judul diatas ane akan mereview anime Shokugeki no Souma. Sebenarnya dalam anime ini terdapat 2 season yaitu Shokugeki no Souma dan Shokugeki no Souma: Ni no Sara. Namun ane akan membahas keduanya sekaligus karena untuk S1 dan S2 masih dalam satu cerita. Lalu bagaimanakah cerita dari anime memasak ini? yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Review Anime: Shokugeki no Souma


Story: ( A++ )

Seperti yang ane katakan diatas, anime Shokugeki no Souma ini memiliki plot cerita tentang memasak. Yang tentunya anti mainstream ya, karena belu banyak anime yang bertemakan tentang memasak terutama anime-anime terbaru dari 2013 keatas. Dalam anime ini cerita bermula ketika Yukihira Souma yang ingin melampaui skill memasak ayahnya dan ingin mewarisi kedai kecil milik keluarga Yukihira. Namun pada suatu hari tiba-tiba ayahnya yukihira ingin menutup kedainya dikarenakan alasan dia diminta bantuan olrh temannya. Tidak hanya itu, ia dipaksa untuk masuk sebuah sekolah memasak yang ternyata sekolah tersebut adalah sekolah memasak terelite seJepang dimana hanya 10% siswa saja yang dapat lulus dari sekolah tersebut. Setelah sekilas melihat anime ini, mungkin kalian akan berpikira "Anime masak-masak? hmm kayaknya buat ibu-ibu nih anime 😑" Eittss... jangan salah sangka justru sebaliknya. Karena anime ini ditujukan untuk kaum lelaki yang bej*t (*termasuk ane ) diluar sana. Yah menginggat genrenya yang Shounen ditambah dengan ecchinya yang menggoda si otong dalam anime ini. Walau sebenarnya kurang masuk akal sih Ecchinya. Bagaimana tidak? karena disini scene ecchi dimasukkan pada saat reaksi pencicip setelah memakan makanan. Mungkin lebih cocok bila disebut alay. Karena reaksi setelah menyantap makanan mirip dengan reaksi pas lagi ikk*h-ikk*h kim*chi dari anime genre "H"aram, penuh dengan erangan dan desahan yang membuat si otong bangun dari semedinya. Namun dengan genre ecchi inilah, anime ini menjadi penuh warna :v. Juga dengan tema memasak ditambah dengan bumbu-bumbu ecchi benar-benar menjadi pasangan yang mematikan, karena akan membuat bergairah perut dan otong kalian Double Kill!!! Jadi jangan berani-berani nonton anime ini pas puasa yak! You Knowlah! 
scene ecchi dalam anime shokugeki no souma
Scene Ecchi
Seperti yang ane katakan tadi bahwa tema cerita anime Shokugeki no Souma ini tentang memasak, tapi bukan tutorial memasak atau sebagainya loh ya. Melainkan anime ini akan menyajikan sebuah pertarungan memasak atau lomba yang tentunya sangat sangat seru untuk dinikmati. Tak hanya hasil akhir dari sebuah pertandingan memasak inilah yang paling menarik dari pertarungan memasak ini. Namun bagaimana cara Souma memenangan pertandinganlah yang menjadi keseruan tersendiri dalam anime ini. Terdapat beberapa scene dimana Souma terdesak dalam sebuah pertarungan, dimana ia nyaris kalah. Namun hal tersebut dapat terhindari dengan baik dengan solusi dan cara-cara Souma yang brilliant juga dijelaskan dengan simpel sehingga dapat dimengerti oleh orang awam dalam dunia memasak sekalipun. Yah pokoknya anime Shokugeki no Souma ini dari segi cerita sangat bagus dan tidak ada masalah yang berarti, hanya kealayan sajalah yang menjadi kekurangan dalam anime ini.

Grafik: ( B++ )

Grafik
Grafik
Kalau dari segi grafik, menurut ane sudah bagus. Penggambaran obyek utamanya, yaitu makanan sangat mendetail sehingga menjadikannya sangat menggiurkan walau hanya sebatas 2D.

Makanan
Makanan
Juga anime ini mampu membuat suasana yang pas disetiap scene yang berbeda dalam anime Shokugeki no Souma ini.


Karakter: ( B+++ )

Untuk desain karakter ane rasa tidak ada masalah, semua desain karaternya bagusss dan cocok dengan peran masing-asing karakter. Tapi yang ane suka dari karakter anime ini ialah konsistensinya, diamana para tokoh sampingan yang notabenya gak terlalu penting namun dalam anime ini para tokoh sampingan tersebut tidak dihilangkan secara tiba-tiba bahkan ada yang masih memiliki peran sampai akhir cerita dari anime Shokugeki no Souma ini. Untuk perkembangan para tokoh sendiri, terutama sang tokoh utama yaitu Souma sangat bagus. Dimana skill memasaknya yang terus meningkat secara bertahap dan teratur. Sebenarnya selain Souma masih banyak karakter penting dalam anime ini, namun disini ane cuma akan menjelaskan beberapa saja yaitu diantaranya:

Yukihira Souma
Yukihira Souma
Yukihira Souma
Merupakan ana dari Yukihira Juinchrou yang merupakan pemilik sebuah kedai kecil. Souma sendiri berambisi untuk melampaui ayahnya dan mewarisi kedainya. Walaupun mungkin rada sombong sih si Souma, namun itu adalah bukti bahwa ia benar-benar percaya diri dengan masakan yang disajkannya.

Nakiri Erina
Nakiri Erina
Nakiri Erina
Cucu dari kepala sekolah yang merupakan salah satu anggota 10 dewan juga disinyalir memiliki lidah dewa yang sangat sensitif dengan rasa dari makanan. It's perfect girl men, terutama oppainya yang amazing. Namun sayang ia seorang tsundere yang memliki harga diri yang tinggi dan sangat sombong. Namun dengan sifatnya yang judes kek gitu malah menambah daya tarik dari karakter satu ini. Ane bener-bener menantikan dimana si mbak satu ini dapat ditaklukan oleh Souma trus mereka gituan deh :v

Yap mungkin hanya 2 karakter itu saja yang perlu ane jelasin. Sebenarnya mau ane tambahin Tadokoro Megumi tapi sayang ane lupa ama latar belakang Megumi. Gomene Megumi-chan >,<

Bonus pict only celemek 😎


Keseluruhan: ( A+ )

Secara keseluruhan anime Shokugeki no Souma ini sangatlah bagus loh. Ane rekomendasiin banget dah buat kalian, terutama bagi kalian yang gemar memasak maka anime ini wajib buat jadi tontonan kalian dah!

Yosshh akhirnya selesai juga ini postingan, setelah menempuh berbagai rintangan akhirnya... Yapp mungkin cukup sekian ulasan lengkap dari anime Shokugeki no Souma. Kalau ada kesalahan dalam pereviewan, saya selaku yang menulisnya minta maaf sebesar-besarnya. Mata na!!! Sayounara!!!

25 komentar

Wadoo Anime belom nonton nih ,nyoba download ah :),makasih banyak bermanfaat

Waduh, habis makan kaya habis ik*h ik*h? Pasti kocak nih...

Wah, pernah nonton gw nih anime laknat wkwk.. lebay parah reaksi2nya..

Bukan main keren abis gan...makasih infonya

lebih ke komedinya ya anime ini , hmmm mau coba nontn tapi gak ada psikolognya

wah keren nih shougeki no shouma, masak2 ada echi nya lagi :v

waduh ni bahaya ni kalau di siarkan di tv indonesia bisa kenak sensorrr.
ahahahaa

Njay, nih anime yg rame itu,,, kocak banget.. nyari link download sulit amat, ada yang tahu linknya?

keren anime ini, ya walaupun ada adegan yang gitu2 saat nyipip makanan, tapi best anime ini. kira kira season 3nya ada nggak min ?

LA nya keluar malah makin echi kali ya :v

Coba cari di kumpulbagi gan,

Seharusnya ad gan S3 nya tapi masih belum ada konfirmasi dari pihak Shokugeki no Soumanya

Wih keren gan.. udah lama ane tunggu nih..

Menarik nih

jadi pengen nonton, ceritanya bagus

Ane udah nonton sebentar sama temen disekolah.. kayanya si souma bakalan hadepin banyak rintangan dengan makanan nantinya :v

Ini dia anime yang gue cari dari kecil haha ,mantap

Suka banget ama jalan ceritanya.. apalagi ada echi nya... eh..

Apalagi pas liat makanannya, hm.. kok enak enak ya.. mereka semua bilang enak tapi yang nonton gak bisa ngerasain enak atau enggaknya.. tapi kayaknya enak sih..

Oh iya, season selanjutnya keluar kapan nih? Aku nunggu beritanya lagian

ngiller kalo nonton ni anim :'v

genre beginian nih ane demen gan :D

Aduh anime kok full hot gini y.... Hee bahaya kalau yang lihat anak-anak. Tapi ya moga aja ada ilmu didalamnya

sering denger tapi belum pernah nonton TT) overall keren blognya

anime kesukaan saya mirip cooking master boy ada efeknya setelah coba makanan ada echi nya juga nunggu seasons 3 nya

Haha saya udah ngikutin dari manga nya.. baru tau juga kalo udah ada anime nya :D udah lama juga ga baca.. soalnya ga suka temanya :v tapi ecchi nya juga lumayan sih walopun kadang ada juga bapak tua (gatau namanya) yg telanjang begitu nyicipin masakannya souma :v


EmoticonEmoticon